Bagian P3I dan Bagian Legal Melakukan Kunjungan ke UII

Jumat (11/1) Bagian P3I dan Bagian Legal, merupakan dua bagian di bawah Direktorat Sekretariat Universitas, melakukan kunjungan ke Universitas Islam Indonesia (UII) Jogjakarta.  Rombongan Universitas Telkom sebanyak 8 orang diterima dengan baik oleh Dr. Drs. Imam Djati Widodo, M.Eng.Sc (Wakil Rektor Bidang Pengembangan Akademik & Riset), Dr. Raden Bagus Fajriya Hakim, S.Si., M.Si. (Sekretaris Eksekutif), Dr. -Ing. Ir. Ilya Fadjar Maharika, MA., IAI. (Ka. Badan Perencanaan dan Pengembangan/Rumah Gagasan), Kariyam, S.Si., M.Si. (Ka. Badan Penjaminan Mutu), Tito Yuwono, S.T., M.Sc. (Ka. Bidang Audit Mutu Internal), Ahmad Nurozi, S.H.I., M.S.I (Kepala Bidang Pengendali Sistem Mutu), Hangga Fathana, S.IP., B.Int.St., M.A. (Direktur Kemitraan/Kantor Urusan Internasional), dan Chancard Basumerda, S.T., M.Sc. (Ka. Divisi Kemitraan Dalam Negeri).  Maksud dari kunjungan ini adalah berdiskus tentang pengelolaan Academic Reputation yang telah dicapai dengan sangat baik oleh UII.

Academic Reputation memiliki peranan penting dalam segi Internationalization sebuah perguruan tinggi.  Reputasi yang baik artinya bahwa perguruan tinggi  memiliki penilaian yang baik dari masyarakat dan dengan adanya perankingan menunjukkan penghargaan publik atas perguruan tinggi tersebut.  Saat ini Universitas Telkom sedang fokus pada perangkingan QS Asia University Ranking (QS AUR) dimana academic reputation yang diraih masih cukup rendah.

Kepala Badan Perencanaan dan Pengembangan/Rumah Gagasan UII, Dr. -Ing. Ir. Ilya Fadjar Maharika, MA. IAI. menyatakan bahwa “major ideas-nya adalah universitas harus memahami indikator-indikator dari setiap pemeringkatan, khususnya QS, sehingga mampu menyelaraskan kepentingan akademik, fakultas dan pihak eksternal sehingga mampu mendongkrak academic reputation” 

Banyak hal yang didiskusikan terkait academic reputation, pemeringkatan internasional sampai hal teknis terkait pengelolaan academic reputation sebuah perguruan tinggi khususnya yang telah dicapai oleh UII. Direktur Sekretariat Universitas Telkom, Dr. Z. K. Abdurahman Baizal menyampaikan bahwa Universitas Telkom masih harus banyak belajar mengenai perangkingan QS dan pengelolaan reputasi terhadap stakeholders.

[Best_Wordpress_Gallery id=”59″ gal_title=”Kunjungan ke UII”]

 

(opi)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *